Kamis, 17 Juli 2014

Cara Menghitung Usia Kandungan

CARA MENGHITUNG USIA KANDUNGAN | MASA SUBUR Cara menghitung usia kandungan atau usia kehamilan banyak ibu hamil yang belum mengatahuinya. Jadi bagai cara menghitungnya? mari kita simak bersama :
Menghitung usia kandungan hal yang sangatlah penting untuk mengetahui usia kandungan yang sedang dijalani, Dengan mengetahui usia kandungan seorang ibu akan mengerti perkembangan atau pertumbuhan janinnya.
  • Kebutuhan apa yang diperlukan oleh janinya dan hal yang tidak boleh atau yang sangat penting oleh janinnya selama usia kandungan tersebut, juga selain kebutuhan tersebut ibu akan mengerti jadwal untuk cek / pemeriksaan ke dokter atau bidan yang dipercaya, agar janin yang dikandung dapat tumbuh sehat dan sempurna seperti yang diharapkan.
  • Dari beberapa ibu kebanyakan menanyakan usia kandungan kepada dokter atau bidan, memang hal ini ada jalan yang tepat dianjurkan demi ketepatan perhitungan usia kandungan, selain itu menghitung usia kandungan dengan menggunakan hasil USG, yang memiliki akurasi yang tinggi mengukur ukuran tengkorak, panjang janin, ukuran jantung, ginjal dsb, tapi tidak ada salahnya ibu hamil mengetahui cara menghitung usia kehamilanya yang dapat dilakukan sendiri.
  • Ada beberapa cara ibu hamil yang dapat dilakukan untuk menghitung usia kandungannya sendiri yang memeliki tingkat kepastian yang baik : yang bertepatan dengan Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT). Agar dapat menghitung usia kehamilan anda berdasar HPHT hanya dapat dilakukan oleh ibu hamil yang memiliki jadwal / siklus haid normal dan teratur (28-30 hari).
  • Untuk perkiraan usia kandungan berdasar HPHT dapat menggunakan rumus Neagele, selain dapat menghitung usia kehamilan / kandungan, rumus Neagele juga dapat digunakan untuk menghitung hari perkiraan lahir (HPL).
  • Penggunaan rumus ini adalah dengan menambahkan 7 pada tanggal pertama dari haid terakhir, kemudian mengurangi bulan dengan 3 dan menambahkan 1 pada tahunnnya, sedangkan untuk bulan yang tidak bisa dikurangi 3, misalnya Januari, Februari, dan Maret, maka bulannya ditambah 9, namun tahunnya tetap tidak ditambah atau dikurangi.
  • seperti berikut ini : Jika HPHT anda adalah 16 nov 2008, maka: 16 -11 – 08 +     -    + 7     3    1 23 – 8 -  09 ( ini tanggal HPL ) Jadi taksiran waktu kelahiran anda adalah tanggal 23 agustus 2009, sedangkan untuk usia kehamilan tinggal menghitungnya setiap tanggal 23, jadi pada saat tgl 23 desember , berarti usia kehamilan anda menginjak satu bulan, 23 januari usia kehamilan 2 bulan dst.
  • Untuk Hari Perkiraan Lahir sebaiknya ditambah tenggang waktu plus atau minus 7 hari. Sekian dari kami cara menghitung usia kandungan sendiri tanpa harus ke bidan atau dokter, JANGAN LUPA BACA KONTEN KAMI YANG LAIN NYA