Minggu, 03 Agustus 2014

3 Solusi KTD

Menjadi Orang TuaMerawat dan membesarkan seorang anak adalah sebuah tantangan. Butuh kompromi pada setiap tahapnya. Tak hanya menuntut persiapan finansial, namun juga persiapan mental dan pengorbanan waktu dan tenaga. Tak hanya sebuah tantangan, menjadi orangtua juga dapat menjadi pengalaman luar biasa yang tak dapat ditukar dengan apapun yang berharga di dunia ini.

  • Jika anda memilih menjadi orangtua, mempertanyakan hal-hal berikut ini dapat memberi anda ide mengenai konsep menjadi orangtua : 
  • Apakah anda siap untuk seorang anak? 
  • Apakah anda siap untuk komitmen jangka panjang sebagai orang tua? 
  • Bagaimana anda akan mensupport anda dan bayi anda? 
  • Dimana anda akan tinggal? 
  • Jaringan support seperti apa yang anda miliki? 
  • Apa implikasinya bagi karir dan pendidikan anda? 
  • Bagaimana peran ayah bagi anak? Apakah anda akan menjadi single parent atau bersama pasangan anda? 


Adopsi
Menyerahkan seorang bayi untuk adopsi bukan hal yang mudah, bagi si ibu ataupun ayah. Sebaiknya anda mencari lembaga adopsi yang tepat untuk memastikan bayi anda mendapat rumah dan keluarga yang tepat.

Konseling untuk memastikan bahwa anda betul-betul menginginkan situasi ini dan mendapat informasi yang benar mengenai implikasi di masa depan ketika anak telah diadopsi. Biasanya lembaga adopsi akan menjamin bahwa anak anda akan mendapatkan keluarga seperti yang anda inginkan. Namun biasanya kesejahteraan anak akan menjadi pilihan utama ketika memilih sebuah keluarga yang tepat.

Biasanya orangtua biologis baru akan memiliki hak untuk menemui anaknya setelah ia tumbuh dewasa. Namun demikian, beberapa keluarga yang mengadopsi merasa kontak dengan keluarga asli akan baik bagi pertumbuhan anak, sehingga mengijinkan orangtua biologis untuk tetap saling kontak satu sama lain.

Aborsi
Aborsi selalu menjadi isu yang personal, didasarkan pada apa yang dirasa benar bagi seseorang yang terlibat di dalamnya. Kelompok Pro-Life dan Pro-Choice tidak pernah berhenti berdebat soal aborsi. Namun terlepas dari apapun yang anda yakini, banyak perempuan yang akhirnya memilih aborsi meskipun hal itu bertentangan dengan keyakinanannya. Berbagai pertimbangan dan situasi yang berbeda bagi setiap orang lah yang akhirnya mendorong seseorang melakukan aborsi.

Jika anda memilih untuk melakukan aborsi. Pastikan bahwa anda paham dengan berbagai situasi dan resiko yang anda hadapi. Aborsi di Indonesia adalah illegal, maka tak semua klinik atau dokter mau melakukan tindakan aborsi. Ada perkecualian bagi beberapa kasus di mana kemudian aborsi di legalkan di Indonesia, di antaranya adalah ;
Kehamilan tersebut dapat mengakibatkan resiko kesehatan hingga kematian bagi si ibu atau bayi yang di kandungnya.
Kehamilan tersebut merupakan akibat dari tindak perkosaan yang mengakibatkan si ibu menjadi traumatik.

Jika anda memilih pilihan ke-3, hubungi Safe Abortion Hotline untuk mengetahui pilihan-pilihan aborsi aman. Pastikan anda melalui konseling pra-aborsi dan keputusan anda adalah keputusan yang informed choice.