Minggu, 03 Agustus 2014

Misoprostol



Tablet misoprostol merupakan salah satu obat penting yang masuk dalam daftar WHO (World Health Organization). Tablet ini dapat digunakan secara mandiri oleh para perempuan untuk menyelamatkan hidupnya.

Misoprostol meyebabkan kontraksi pada rahim dan dapat digunakan sebagai berikut:
  • Pengguguran kandungan secara aman
  • Membersihkan sisa-sisa keguguran
  • Mencegah dan mengobati pendarahan berat setelah melahirkan
  • Induksi kelahiran
Aborsi merupakan salah satu model intervensi kesehatan yang paling umum di dunia.
Berdasarkan data WHO, setiap tahunnya 42 juta perempuan memilih aborsi dengan beragam alasan. Aborsi merupakan prosedur kesehatan yang paling umum dilakukan oleh perempuan di seluruh dunia. Namun, banyak perempuan tidak memiliki akses terhadap layanan aborsi aman sehingga membahayakan hidup dan kesehatan mereka. Aborsi tidak aman adalah penyebab utama kematian saat melahirkan. 1 dari 300 perempuan meninggal karena aborsi tidak aman. Secara global, 70.000 perempuan di dunia meninggal sia-sia setiap tahunnnya. Banyak perempuan lain menderita komplikasi jangka panjang seperti ketidaksuburan dan nyeri kronis.

Informasi mengenai aborsi aman dapat membantu perempuan menyelamatkan hidup dan kesehatannya, terutama negara-negara dimana misoprostol mudah diakses. Metode aborsi menggunakan misoprostol terbukti cukup aman dan efektif. Tingkat keberhasilannya 80-85% jika dilakukan dalam 9 minggu pertama kehamilan. Metode ini jauh lebih aman dibandingkan mengakhiri kehamilan dengan aborsi tidak aman.

Pendarahan berat(Postpartum hemorrhage, PPH) merupakan salah satu penyumbang terbesar angka kematian ibu setelah melahirkan (25%).

Setiap tahun, 14 juta perempuan mengalami pendarahan setelah melahirkan, sedangkan 120.000 perempuan lain meninggal karenanya. Dengan kata lain, 1 dari 10 perempuan akan mengalami PPH setelah melahirkan dan dari 1 diantara 100 yang mengalaminya akan meninggal. Penggunaan misoprostol paska persalinan akan mengurangi resiko pendarahan berat hingga 50%.

Sisa-sisa keguguran dapat menyebabkan pendarahan berat dan infeksi.

Misoprostol dapat digunakan untuk mencegah komplikasi tersebut, dan biasanya dipakai oleh para dokter. Namun, perempuan sendiri juga dapat menggunakan misoprostol untuk membersihkan sisa-sisa keguguran.
Misoprostol untuk persalinan

Penggunaan misoprostol untuk induksi kelahiran hanya boleh dilakukan dalam pengawasan tenaga medis dan tidak untuk dilakukan sendiri. Modul ini tidak dipakai untuk tujuan tersebut.

Misoprostol bukanlah obat yang mahal, banyak tersedia, tahan panas, dan dapat disimpan selama bertahun-tahun. Di Indonesia, misoprostol tersedia di apotek dengan merk dagang Noprostol, Gastrul, Cytotec, Citrosol dan Chromalux.